Selasa, 10 Mei 2011

SERTIFIKASI ISO 9000

SERTIFIKASI ISO 9000



ISO 9000 adalah kumpulan standar untuk sistem manajemen mutu (SMM). ISO 9000 yang dirumuskan oleh TC 176 ISO, yaitu organisasi internasional di bidang standarisasi.


Sejarah Perkembangan ISO 9000

Sejak tahun 1946 federasi ISO memiliki visi untuk membuat satu standar Pemastian Mutu (Quality Assurance) yang dikemudian hari juga dikenal dengan istilah Sistem Manajemen Mutu (Quality Manajemen System).

Beberapa tahun kemudian dibentuk Komite Teknis ISO/TC 176 yang bertugas membuat satu draft standar Pemastian Mutu (Quality Assurance) dan Manajemen Mutu (Quality Management. Pada tahun 1987 komite ini berhasil merampungkan tugasnya dan menerbitkan ISO 9000 Series yang kemudian dikenal sebagai ISO 9000 versi 1987.

Kecenderungan kompetisi global dan kebutuhan akan keberterimaan secara universal, mendorong organisasi ini terus berupaya menyempurnakan ISO 9000 Series.

ISO 9000 revisi tahun 1994

Sekedar pengetahuan bagi anda, menurut ISO 9000:1994, terdapat 3 model quality assurance, yaitu ISO 9001, 9002 dan 9003.
ISO 9001 memberikan sejumlah persyaratan bagi organisasi yang proses bisnisnya berawal dari design & development, produksi, instalasi dan pelayanan
ISO 9002 memberikan persyaratan bagi organisasi yang tidak melakukan proses design & development – langsung kepada proses produksi dan seterusnya
ISO 9003 memberikan persyaratan bagi organisasi yang tidak melakukan kontrol design, proses, pembelian ataupun pelayanan, dan hanya melakukan inspeksi dan pengujian untuk memastikan produk akhir / jasa memenuhi syarat.

Penomoran di atas tidak berarti terdapat perbedaan peringkat mutu. Semuanya tergantung dari jenis proses yang dilakukan oleh suatu organisasi.






ISO 9000 Revisi tahun 2000

ISO 9000:2000 merupakan penyempurnaan dari revisi sebelumnya, yaitu ISO 9000:1994. Fokus Standar Internasional ini adalah untuk meningkatkan proses-proses dari suatu organisasi dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja organisasi tersebut. Kini hanya ada satu standar manajemen mutu untuk diimplementasikan (sertifikasi) yaitu ISO 9001:2000. Dengan demikian maka ISO 9002:1994 dan ISO 9003:1994 kelak akan dinyatakan tidak berlaku lagi. ISO 9001:2000 dikembangkan berdasarkan pada suatu model proses dengan menggunakan “delapan prinsip manajemen mutu” yang memfasilitasi/menunjang suatu evolusi menuju bisnis yang baik dan dengan menekankan pada kepuasan pelanggan.


Standar-standar seri ISO 9000:2000 terdiri dari:

·         ISO 9000 yang memuat tentang Dasar-Dasar dan Istilah untuk Sistem Manajemen Mutu.
·         ISO 9001 yang memuat tentang Persyaratan-Persyaratan Sistem Manajemen Mutu.
·         ISO 9004 yang memuat tentang Panduan untuk Perbaikan Kinerja.
·         ISO 19011 yang memuat tentang Panduan dalam Audit Sistem Manajemen
Mutu dan Lingkungan.


ISO 9000 mencakup:
1.      Kebijakan mutu
Seluruh maksud dan tujuan organisasiyang berkaitan dengan mutu, yang secara formal dinyatakan oleh pimpinan tertinggi.
2.      Manajemen mutu
Semua aktifitas dari keseluruhan fungsi manajemen yang menetapkan kebijakan mutu, tujuan dan tanggung jawab perusahaan, serta melaksanakannya dengan cara seperti perencanaan mutu, pengendalian mutu, pemastian mutu dan peningkatan mutu di dalam sistem mutu.
3.      Sistem mutu
Stuktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, proses dan sumber daya untuk menerepkan manajemen mutu.
4.      Jaminan mutu
Seluruh perencanaan dan kegiatan sistematis yang memadai bahwa barang atau jasa memenuhi persyaratan mutu.

Tujuan audit mutu antara lain :
Dampak globalisasi
·         Produk bermutu
·         Persyaratan yang dituntut pasar
·         Batas antar Negara tidak ada
·         Dituntut kesamaan standart terhadap mutu


Ada 2 kategori dalam penerapan ISO 9000, yaitu:
a.       Kontraktual
Kondisi dimana perusahaan bermaksud menerapkan standar sistem manajemen mutu dengan tujuan untuk memenuhi permintaan pelanggan perusahaan membutuhkan bukti dan pengakuan pihak ketiga (sertifikasi dari badan sertifikasi).
Acuan standarnya yaitu ISO 9001(20 klausal), ISO 9002(19 klausal), ISO 9003(16 klausal).
b.      Non kontraktual
Kondisi dimana perusahaan bermaksud menerapkan standar sistem manajemen mutu intern perusahaan. Perusahaan tidak perlu pengakuan dari pihak lain dalam penerapan ISO 9000.
Acuan standarnya yaitu ISO 9004.

Manfaat Penerapan ISO 9000 adalah :
• Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan
• Jaminan Kualitas Produk dan Proses
• Meningkatkan Produktivitas perusahaan & “market gain”
• Meningkatkan motivasi, moral & kinerja karyawan
• Sebagai alat analisa kompetitor perusahaan
• Meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok
• Meningkatkan cost efficiency & keamanan produk
• Meningkatkan komunikasi internal
• Meningkatkan image positif perusahaan
• Sistem terdokumentasi
• Media untuk Pelatihan dan Pendidikan

Persyaratan ISO 9000

·         Persyaratan Umum

Perusahaan harus:
1.      Mengidentifikasi proses yang dibutuhkan
2.      Menetapakan urutan dan interaksi proses
3.      Menetapkan kriteria dan metode untuk memastikan bahwa pelaksanaan dan pengendaliannya berjalan dengan efektif
4.      Memastikan ketersediaan sumber daya dan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung operasi dan memantau proses
5.      Mengukur, memantau dan menganalisis proses
6.      Melakukan tindakan untuk mencapai hasil yang ditetapkan dan perbaikan terus menerus

·         Persyaratan Dokumentasi

                       Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu Terdiri dari:
1.      Lingkup Sistem Manajemen Mutu, termasuk pengecualian dari persyaratan ISO 9001
2.                                             Pedoman Mutu
3.      Prosedur terdokumentasi yang dipersyaratkan oleh ISO 9001
4.      Dokumen yang dibutuhkan untuk memastikan perencanaan,     operasi dan pengendalian proses dilakukan secara efektif
5.      Rekaman Mutu yang dipersyaratkan oleh ISO 9001

Perusahaan harus menetapkan dan memelihara Pedoman Mutu termasuk :
1.      Lingkup Sistem Manajemen Mutu, termasuk pengecualian dari persyaratan ISO 9001
2.      Prosedur terdokumentasi yang dibuat untuk penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM)
3.      Penjelasan dari interaksi antar proses dalam Sistem Manajemen Mutu

                       Dokumen yang harus dibutuhkan oleh Sistem Manajemen Mutu harus dikendalikan. Rekaman yang dibutuhkan oleh sistem Manajemen Mutu harus ditetapkan dan dipelihara. Rekaman tersebut digunakan sebagai bukti kesesuaian terhadap persyaratan dan efektivitas operasi.


Proses sertifikasi dilaksanakan oleh lembaga sertifikasi yang telah diakreditasi secara nasional atau bahkan secara internasional. Langka-langkah dasarnya adalah:
1.      Organisasi menetapkan komitmen dalam menerapkan sistem manajemen mutu
2.      Penerapan system manajemen mutu ISO pada unit-unit organisasi yang telah ditetapkan
3.      Penetapan/penunjukan lembaga sertifikasi
Pertimbangan utama dalam melakukan penunjukan lembaga sertifikasi antara lain status akreditas, kredibilitas dan pengakuan atas lembaga sertifikasi
4.      Penilaian semua aspek manajemen dan pelaksanaan kegiatan
5.      Pemberian sertifikat ISO 9001:2000
Sertifikat dapat diberikan apabila organisasi sudah dianggap layak dan memenuhi criteria yang ditetapkan dalam standard ISO 9001:2000 serta sudah tidak ditemukan lagi ketidaksesuaian yang masuk dalam kategori MAYOR. Masa berlakunya sertifikat ini adalah selama 3 tahun setelah diterimanya sertifikat
6.      Pengawasan ulang/ surveilen
Surveilen dilaksanakan selama 6 bulan sekali setelah diterimanya sertifikat yang dimaksudkan untuk mengevaluasi efektifitas penerapan ISO 9001:2000 serta apabila terjadi perubahan/perkembangan yang dilakukan dalam penerapan system.









DAFTAR PUSTAKA



Anonim. 2002. Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000. http://www.deptan.go.id/buletin/infomutu/des_02r.pdf. Diakses tanggal 13 Maret 2010

Anonim. 2010. http://id.wikipedia.org/wiki/ISO_9000. Diakses tanggal 13 Maret 2010

Setiadi, D. 2006. Pengertian ISO 9000 Sistem Standar Manajemen Mutu. www://psl.ums.ac.id/Web_Based/pdf/25-ISO%209000.pdf. Diaksese tanggal 13 Maret 2010

Yoyo, S. 2008. ISO 9001 : 2008 ( Sistem Manajemen Mutu ) http://forum.detik.com/showthread.php?t=72508. Diakses tanggal 13 Maret 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar