Selasa, 10 Mei 2011

IDE PELUANG USAHA “KERIPIK KEMBANG GOYANG MENGKUDU"


I.                   PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang

Mengkudu atau pace (Morinda citrifolia) merupakan salah satu tanaman obat. Tanaman mengkudu adalah jenis tumbuhan yang berkhasiat bagi kesehatan manusia. Salah satunya pemanfaatan pada buahnya. Manfaat buah mengkudu antara lain untuk membantu penyembuhan kanker, mengobati tekanan darah tinggi, menurunkan gula darah hingga menambah kekebalan tubuh. Namun buah mengkudu biasanya hanya dijadikan obat tradisional dan dibuat dalam bentuk obat, belum dijadikan makanan yang siap dikonsumsi.

Melihat peluang usaha yang ada, usaha untuk lebih meningkatkan nilai ekonomis buah mengkudu menarik untuk ditekuni. Usaha ini dilakukan dengan beragai mengolah buah mengkudu menjadi keripik yang pada akhirnya bisa langsung dikonsumsi. Dalam pengolahannya, keripik buah mengkudu dapat dibuat dalam skala industri rumah tangga. Dan keripik mengkudu ini dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia tidak terbatas hanya bagi penderita penyakit saja.


1.2              Tujuan

Tujuan dari pembuatan keripik mengkudu ini adalah:
1.      Untuk diversivikasi pengolahan buah mengkudu
2.      Meningkatkan nilai ekonomis buah mengkudu


II.                ISI

Buah mengkudu yang terkenal memiliki bau yang tidak sedap dapat dimanfaatkan sebagai makanan yang dapat siap dikonsumsi dengan cara dibuat keripik kembang goyang.

Saya memilih buah mengkudu sebagai ide peluang usaha saya karena belum banyak orang yang memanfaatkannya sebagai makanana olahan keripik. Buah mengkudu tidak sulit didapat dan merupakan buah tahunan sehingga untuk mendapatkan buah mengkudu tidak memiliki kendala tertentu.

Bahan-bahan yang digunakan sebagai bumbu juga mudah didapatkan. Bahan-bahan yang digunakan antara lain: Buah mengkudu yang dipilih adalah buah yang segar dan sehat, tepung beras, tepung terigu, tepung tapioca, telur, santan, bawang putih, pasta pandan, garam,minyak goreng, bumbu aneka rasa (barbeque, cheese, corn). Alat yang digunakan :Penggorengan, kompor gas, tabung gas, pengaduk telur, serok, pisau, ember, toples, saringan, blender, sotel, cetakan kembang goyang.

Cara membuatnya juga tidak sulit, yaitu:
a. Mencuci bersih buah mengkudu dengan air yang mengalir
b.Memisahkan (memarut) daging buah mengkudu dari bijinya
c. Mengambil sari daging buah mengkudu
d.Menghaluskan ampas parutan daging buah hingga lebih halus
e.Kocok telur hingga berwarna putih
f. Haluskan bawang putih
gCampurkan bahan adonan (tepung beras, terigu, tapioca) dengan          perbandingan 2:1:1
h. Masukkan sari buah mengkudu, kocokan telur, garam, dan bawang putih yang dihaluskan kedalam ember dan aduk hingga rata.
i. Terakhir masukkan santan.
j. Panaskan minyak goreng dan cetakan kembang goyang
k.Masukkan cetakan kembang goyang kedalam adonan (separo permuakaan cetakan)
l. Goreng cetakan kembang goyang yang telah dilumuri adonan dengan cara menggoyang-goyangnya didalam minyak panas hingga adonan lepas sendiri.
m. Goreng hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan
n Setelah keripik kering dari minyak dan sudah dingin, segera lumuri dengan  bumbu aneka rasa.


Dalam proses pembuatannya saya dibantu oleh ibu-ibu yang berada disekitar rumah saya. Keripik dikemas dengan menggunakan plastik transparan sehingga konsumen dapat melihat bentuk dari keripik kembang goyang dari mengkudu. Keripik ini dipasarkan dengan harga terjangkau. Untuk pemasarannya saya membuka sebuah toko di dekat rumah saya sehingga konsumen juga dapat melihat proses pembuatannya secara langsung dan saya titipkan di swlayan dan apotik-apotik.



III.             KESIMPULAN

Keripik kembang goyang dari mengkudu ini merupakan diversivikasi pengolahan buah mengkudu yang dapat meningkathan nilai jual dari buah mengkudu agar dapat dengan mudah dikonsumsi dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar